Pages

Jumat, 17 Juni 2011

Tahapan Bayi Mulai Berdiri dan Berjalan

Usia bayi mulai belajar berjalan, merupakan momen yang paling dinanti-nanti bagi para orang tua. Bersiap-siaplah untuk menerima fase ini, karena bayi Anda akan lebih bergerak lebih aktif. Pada usia sekitar 28 minggu, kekuatan dan koordinasi gerak otot-otot pada tubuh bayi Anda akan semakin kuat dan terkoordinasi. Bila dibantu, ia sudah mulai kuat berdiri. Tetapi ketika tidak disangga, ia masih akan jatuh duduk kembali. Diperlukan bantuan ringan untuk melatihnya bisa berdiri sendiri.

Sebagian bayi menyukai gerakan melompat-lompat atau menggoyang-goyangkan kakinya bila diberdirikan di pangguan dan dipegang dibawah ketiaknya. Biarkan ia dengan bebas menggerakkan kakinya untuk melatih kekuatan otot kakinya. Pada usia minggu ke 32 atau usia bulan ke-8. Tungkai kaki bayi Anda akan lebih kuat menyangga tubuhnya. Pada usia ini, umumnya bayi sudah mulai bisa berdiri sendiri, tetapi harus diawasi terus dan diberi bantuan dengan disangga tubuhnya, agar ketika ia kembali jatuh terduduk tidak dalam posisi kaki yang keliru. Bayi pada usia ini sudah bisa duduk dengan tegak, sehingga ketika ia terjatuh dari upayanya berdiri, ia akan terjatuh dalam posisi duduk.

Pada minggu ke 44 atau usia 10 bulan, gerakan koordinasi otot-otot tubuh bayi sudah semakin mantap. Ia sudah bisa diajak bermain dan berkomunikasi dengan contoh-contoh gerakan. Ia juga sudah bisa menggenggam dan memegang barang-barang di sekitarnya. Bayi Anda terus berupaya untuk bisa berdiri, meski tetap belum bisa. Pada usia 11 bulan, bayi Anda menjadi semakin aktif . Bila dibantu dengan dipapah melalui kedua tangannya, ia akan bergerak-gerak seakan-akan sudah ingin berjalan, meski sebenarnya ia baru bisa menyeret-nyeret kakinya. Bila ia berpegangan pada boks bayi atau tepian meja, ia sudah dapat mempertahankan posisi berdirinya, bahkan sudah bisa merambat pelan-pelan ke arah samping.

0 komentar:

 
Copyright © WURI HARDINI VERONICA. Design By New Blogger Templates
Support IE 7, On Sales, Best Design