Pages

Kamis, 16 Juni 2011

22 cara menenangkan tangisan bayi anda

Tenangkan Diri Anda
Hal terbaik yang dapat orang tua lakukan ketika bayi rewel adalah tetap tenang. Stress anda yang meningkat akan menyebabkan bayi anda semakin rewel. Tetaplah tenang, bayi anda akan mengikuti.
Cek popok bayi
Popok yang basah adalah penyebab paling sering rewelnya bayi anda. Meskipun anda sering mengganti popok, tidak ada salahnya untuk cek lagi.Lakukan ini sebelum mencoba tips yang lain.
Cek suhu tubuh bayi
Rasakan suhu pada punggung dan leher bayi anda, terlalu panas atau dingin? Tambahkan/kurangi pembungkus secukupnya.
Susui bayi anda
Kebanyakan bayi akan menangis ketika lapar. Susuilah bayi anda, menggunakan botol atau langsung dari payudara sang ibu. Kadang-kadang sang ibu kuatir terlalu banyak memberi ASI karena si bayi minta terlalu sering. Para ahli mengatakan bahwa ini normal karena ASI sangat mudah diserap oleh bayi.
Sendawakan bayi anda
Jika bayi anda menangis setelah disusui, mungkin ada gas dalam perut-nya. Sendawakan bayi anda. Caranya, bayi digendong di pundak dengan wajah menghadap ke belakang. Pegang bagian pantatnya dengan satu tangan, sedangkan tangan lain memegang leher dan menepuk-nepuk punggungnya. Tidak lebih dari tiga menit, mulut bayi akan mengeluarkan bunyi khas sendawa.
Alihkan perhatian bayi
Teknik ini seringkali berhasil. Orang tua bisa melakukan hal-hal yang menarik perhatian sehingga si bayi lupa dengan alasannya menangis.
Dekap si bayi
Kadang-kadang bayi butuh didekap. Berilah ciuman dan rangkulan, katakan bahwa anda sangat mencintai bayi anda.
Ubah cara anda menggendong/memegang bayi
Ada bayi yang suka digendong menghadap belakang, ada yang suka digendong menghadap ke depan. Ber-experimentlah, posisi gendong mana yang disukai bayi anda.
Bernyanyilah atau bersenandung
Lagu lembut yang dinyanyikan oleh suara yang sudah dikenal seringkali bisa menenangkan bayi. Meskipun suara anda bukan seperti penyanyi profesional, cobalah cara ini. Bersenandung juga memberikan efek getaran yang menenangkan
Berdansa
Gerakan lambat yang diulang-ulang dapat membawa bayi anda ke perasaan tenang. Kehangatan cinta anda, dekapan dan gerakan dansa ini bisa menenangkan bayi anda.
Pantul dan Ayun
Gerakan memantul-mantul atau mengayun-ayun seringkali dapat menenangkan bayi, tapi perhatikan tanda-tanda dari si bayi. Gerakan ini kadang-kadang memberi efek stimulasi yang sebaliknya. Beberapa ahli menyarankan posisi yang memberikan kesan seakan-akan si bayi ada dalam kandungan. Dekap bayi anda di depan dada, wajah anda ada di atas kanan bayi anda, lalu ayun-ayun lutut anda.
Buka Pakaian si Bayi
Kadangkala bayi anda menjadi rewel karena kain yang dikenakan tidak nyaman. Untuk itu, coba lepaskan pakaian bayi anda, cek apakah ada sesuatu yang menusuk kulit bayi anda.
Mandiin Bayi Anda
Mandi air hangat bisa menenangkan bayi anda. Ditambah beberapa tetes minyak lavender akan membantu bayi anda rileks. Mandi juga bisa membantu mengurangi stress sang ibu. Jadi mandilah bersama bayi anda.
Skin to Skin Contact
Penelitian menunjukkan bahwa memegang bayi dekat dengan tubuh anda (bersentuhan dada dan perut) tidak hanya dapat menenangkan bayi, tapi juga dapat meningkatkan hubungan ibu dan anak. Mustinya ayah juga sih..
Pijat Bayi
Caranya, baringkan bayi anda pada dataran yang lembut, hangat dan empuk dengan posisi kodok. Lalu gosok dengan lembut leher bayi anda ke arah punggung bawah. Jangan gosok terlalu lembut karena efeknya malah menggelitik. Teknik ini sangat efektif untuk menidurkan bayi. Jika bayi anda sampai tertidur, jangan lupa untuk merubah posisinya dengan telentang, sehingga bayi anda bisa tidur dengan nyaman. Bayi yang tidur dengan posisi tengkurap mempunyai resiko SIDS (Sudden Infant Death Syndrome) yang cukup besar.
Gunakan dot bayi
Meskipun ada pertentangan tentang penggunaan dot bayi, beberapa bayi sangat menikmatinya. Jika bayi anda tidak perlu disusui, tapi membutuhkan sesuatu dimulutnya, gunakan dot bayi, dan perhatikan responnya
Kurangi Stimulasi
Bayi kadangkala menangis karena banyak hal yang mengganggu pikiran kecil mereka. Coba redupkan lampu, singkirkan mainan-mainan dan kurangi volume suara.
Membungkus bayi
Membungkus bayi dengan selimut yang hangat dan lembut dapat menenangkan bayi anda. Bayi kadang-kadang takut dengan tangannya sendiri yang terayun-ayun. Membungkus bayi dapat mengurangi kegelisahan karena mereka merasa seperti di dalam kandungan.
Berkendara
Getaran kendaraan dan bunyi klakson dapat menenangkan tangisan bayi
Jalan-Jalan
Udara segar dan sinar matahari dapat membuat perasaan ibu dan bayi menjadi lebih baik. Buka kereta bayi dan jalan-jalanlah dengan bayi anda keliling blok.
Gunakan "White Noise"
White noise dapat menenangkan bayi anda yang rewel. White Noise adalah segala sesuatu yang menimbulkan bunyi mekanik, contohnya vacum cleaner, hair dryer, kipas angin. Jika anda menemukan bunyi yang dapat menenangkan bayi anda, rekamlah dan gunakan pada waktunya
Tahu kapan waktu anda untuk beristirahat sejenak
Orang tua paling sabar pun akan sampai pada titik kesabaran, ketika berurusan dengan bayi yang sangat rewel. Mengetahui batas kesabaran anda akan melindungi anda dan bayi anda. Ketika anda merasa mulai frustasi, letakkan bayi anda di ranjang/tempat tidur bayi, lalu keluar dan tutuplah pintu. Ambil beberapa saat untuk menenangkan diri dan yakinkan diri anda bahwa rewelnya bayi anda akan segera berakhir. Jika perlu, panggil teman, kerabat atau babysitter.

0 komentar:

 
Copyright © WURI HARDINI VERONICA. Design By New Blogger Templates
Support IE 7, On Sales, Best Design