Pages

Selasa, 22 Desember 2009

BUKU PANDUAN SAKRAMEN PERNIKAHAN KATOLIK ( DINI & EKO )








Ritus Pembuka

Lektor : Bapak / Ibu dan hadirin yang terhormat, pada hari ini kita akan mengikuti perayaan ekaristi sebagai upacara penerimaan sakramen pernikahan antara Veronica Wuri Hardini dan Yohanes Eko Sudarmaji, Hadirin dimohon berdiri untuk menyambut Imam dan kedua mempelai beserta keluarga

Umat berdiri

UCAPAN SELAMAT DATANG

( Kedua mempelai dengan didampingi kedua orang saksi pernikahan dan orang tua dijemput oleh Imam dan Putra Altar di depan pintu gereja )

Imam : Selamat datang saudara-saudara sekalian, semoga rahmat, damai sejahtera dan kasih Allah Bapa Yang Maha Kuasa selalu besertamu..

Umat : Dan sertamu juga

PENYERAHAN KEDUA MEMPELAI

Orang Tua : Pastor Donny yang kami hormati, pada hari ini kami menyerahkan putera-puteri kami: Yohanes Eko Sudarmaji dan Veronica Wuri Hardini, untuk saling menerimakan Sakramen Pernikahan menurut tata cara Gereja Katolik yang kudus. Kami mohon kesediaan Pastor untuk meresmikan dan meneguhkan pernikahan pasangan ini serta memohonkan berkat Tuhan bagi mereka.

Imam : Dengan gembira, saya atas nama Gereja menerima kedua mempelai dan akan meneguhkan pernikahan mereka menurut tata cara Gereja Katolik.

PEMERCIKAN AIR SUCI

Imam memerciki kedua mempelai dengan air suci

Imam : Saya memerciki kalian berdua dengan air suci ini seperti embun surgawi. Semoga kalian diberkati oleh Tuhan, diterangi dengan sinarNya, dilimpahi dengan rahmat kasihNya dan disucikan dalam Roh Kudus, agar pantas menghadapi peristiwa suci ini.

Umat : Amin.

Imam : Marilah kita bersama-sama dengan penuh hikmat menghadap Allah, sumber segala cinta kasih, untuk memohon berkatNya bagi kedua mempelai ini serta bagi kita semuanya.

PERARAKAN KE DEPAN ALTAR

( Perarakan menuju Altar,dengan urutan Putra Altar, Imam, Kedua mempelai,Orang tua mempelai dan kedua orang saksi bersama keluarga )

&- SMUA BAIK -

Dari semula tlah Kau tetapkan

Hidupku dalam tangan-Mu

Dalam rencana-Mu Tuhan

Rencana indah tlah Kau siapkan

Bagi masa depanku yang penuh harapan

Reff

Smua baik, smua baik

Sgala yang tlah KAU perbuat di dalam hidupku

Semua baik, sungguh teramat baik

KAU jadikan hidupku berarti

SALAM PEMBUKAAN

Imam : Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus.

Umat : Amin.

Imam : Semoga rahmat Tuhan kita Yesus Kristus, cinta kasih Allah dan

persekutuan Roh Kudus selalu beserta kita.

Umat : Sekarang dan selama-lamanya.

Imam : Yohanes Eko Sudarmaji dan Veronica Wuri Hardini yang berbahagia, hari ini kalian berdua datang ke hadapan Allah untuk memohon agar cinta kasih kalian berdua dikuduskan sebagai satu sakramen yang menandakan kehadiran kasih Tuhan di tengah keluarga yang akan kalian bangun bersama.

Kini bersama segenap keluarga dan saudara semua, marilah kita hening sejenak, mempersiapkan diri dan hati kita dengan memeriksa batin masing-masing. Marilah kita mengarahkan hati kita kepada Tuhan, mohon belas kasih dan rahmat pengampunanNya guna memasuki perayaan cinta kasih yang agung ini.

PERNYATAAN TOBAT

Umat berlutut

Imam : Marilah kita yang diundang oleh Kristus dalam upacara Sakramen Pernikahan ini, bersama-sama mohon ampun, karena sering kita tidak setia kepada Tuhan dan kepada sesama.

Umat: Saya mengaku kepada Allah yang Maha Kuasa dan kepada saudara sekalian, bahwa saya telah berdosa, dengan pikiran dan perkataan, dengan perbuatan dan kelalaian. Saya berdosa, saya sungguh berdosa. Oleh sebab itu saya mohon kepada Santa Perawan Maria, kepada para malaikat dan orang kudus, serta kepada saudara sekalian, supaya mendoakan saya kepada Allah, Tuhan kita.

Imam : Semoga Allah yang Maha Kuasa, mengasihi kita, mengampuni dosa kita dan menghantar kita ke hidup yang kekal.

Umat : Amin.

Tuhan Kasihanilah Kami

Imam : Tuhan Allah Bapa, Engkau rela mengorbankan putera-Mu sendiri untuk menjadi lambang cinta kasih bagi kami

Tuhan Kasihanilah Kami

Umat : Tuhan Kasihanilah Kami

Imam : Engkau telah mempertemukan mereka dengan penuh kepercayaan, dan mereka sendiri berniat mendasarkan pernikahannya atas iman pada-Mu, Kristus Kasihanilah Kami

Umat : Kristus Kasihanilah kami

Imam : Dalam perayaan ini Engkau hendak menguduskan kami semua dengan kehadiran-Mu yang menyelamatkan. Tolonglah kami dengan kehadiran-Mu yang menyelamatkan. Tolonglah kami yang rapuh dan bebaskanlah kami dari belenggu cinta diri.

Tuhan Kasihanilah Kami.

Umat : Tuhan Kasihanilah Kami

Imam : Semoga Allah yang Maha Kuasa mengasihi kita, dan mengantar kita ke kehidupan yang kekal.

Umat : Amin

DOA PEMBUKAAN

Imam : Allah yang Maha Kasih, Engkau menghendaki agar pria dan wanita membangun keluarga yang berbahagia. Kedua hambaMu ini sudah siap memasuki bahtera pernikahan. Berkatilah mereka agar selalu menyadari kesucian hidup berkeluarga dan berusaha menghayatinya dalam suka maupun duka dan anugerahkanlah kepada mereka keturunan yang dapat dibanggakan. Demi Yesus Kristus PuteraMu dan Pengantara kami yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persekutuan Roh Kudus, kini dan sepanjang masa.

Umat : Amin.

Liturgi Sabda

Umat duduk

BACAAN PERTAMA

Lektor : Pembacaan dari Surat Pertama Rasul Paulus kepada Umat di Korintus 13:1-7, 13

Sekalipun aku dapat berkata-kata dengan semua bahasa malaikat, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama dengan gong yang berkumandang dan canang yang gemerincing. Sekalipun aku mempunyai karunia untuk bernubuat dan aku mengetahui segala rahasia dan memiliki seluruh pengetahuan; dan sekalipun aku memiliki iman yang sempurna untuk memindahkan gunung, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama sekali tidak berguna. Dan sekalipun aku membagi-bagikan segala sesuatu yang ada padaku, bahkan menyerahkan tubuhku untuk dibakar, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, sedikit pun tidak ada faedahnya bagiku. Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkah diri dan tidak sombong. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain. Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran. Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu. Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih, dan yang paling besar di antaranya ialah kasih.

Umat : Syukur kepada Allah.

LAGU ANTAR BACAAN

BAIT PENGANTAR INJIL

Umat berdiri

Imam : Alleluia, Alleluia, Alleluia

Umat : Alleluia, Alleluia, Alleluia

Imam : Jika kita saling mengasihi, Allah tinggal di dalam kita dan cinta kasih Allah di dalam kita menjadi sempurna.

Umat : Alleluia, Alleluia, Alleluia

BACAAN INJIL

Imam : Tuhan beserta kita.

Umat : Sekarang dan selama-lamanya.

Imam : Inilah Injil Yesus Kristus menurut Santo Markus. (10:6-9)

Umat : Dimuliakanlah Tuhan.

Imam : Sebab pada awal dunia, Allah menjadikan mereka laki-laki dan perempuan, sebab itu laki-laki harus meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan istrinya, sehingga keduanya menjadi satu daging. Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.

Berbahagialah orang yang mendengarkan sabda Tuhan, dan tekun melaksanakannya.

Umat : Sabda-Mu adalah jalan, kebenaran dan hidup kami.

HOMILI

Umat duduk

Upacara Sakramen Pernikahan

PENDAHULUAN

Imam : Saudara-saudari,sampailah kini upacara nikah,

para saksi diminta mendampingi pengantin berdua.

Sebelum pernikahan diresmikan,

perkenankanlah saya menanyakan dihadapan para saksi,

Keikhlasan hati kedua mempelai

Imam : Saudara Yohanes Eko Sudarmaji apakah sungguh dengan ikhlas hati

saudara meresmikan perkawinan ini ?

Eko : Ya, sungguh

Imam : Saudari Veronica Wuri Hardini apakah sungguh dengan ikhlas hati

saudari meresmikan perkawinan ini ?

Dini : Ya,sungguh

Imam : Bersediakah saudara berdua sepanjang hidup, cinta-mencintai,

bantu-membantu dan hormat-menghormati ?

E & D : Ya, kami bersedia

Imam : Bersediakah saudara berdua menjadi Bapak Ibu yang baik

bagi anak-anak yang dipercayakan Tuhan kepada saudara

dan mendidik mereka menjadi orang Katolik sejati ?

E & D : Ya, kami bersedia

JANJI PERNIKAHAN

Imam : Sekarang tibalah saatnya meresmikan pernikahan saudara,

saya persilahkan saudara berdua menumpangkan tangan kanan di atas

kitab suci dan bergantian mengucapkan janji nikah.

Hadirin sekalian diminta untuk berdiri

Eko : Dihadapan Imam dan Para Saksi,

Saya, Yohanes Eko Sudarmaji, menyatakan dengan tulus ikhlas bahwa Veronica Wuri Hardini yang hadir disini mulai sekarang ini menjadi istri saya. Saya berjanji setia kepadanya dalam untung dan malang dan saya mau mencintai dan menghormati dia seumur hidup.

Dini : Dihadapan Imam dan Para Saksi,

Saya, Veronica Wuri Hardini, menyatakan dengan tulus ikhlas bahwa Yohanes Eko Sudarmaji yang hadir disini mulai sekarang ini menjadi suami saya. Saya berjanji setia kepadanya dalam untung dan malang dan saya mau mencintai dan menghormati dia seumur hidup.

PENEGUHAN PERNIKAHAN

Imam : Atas nama Gereja Allah dan di hadapan para saksi serta hadirin sekalian, saya menegaskan bahwa pernikahan yang telah diresmikan ini adalah pernikahan yang sah menurut hukum Gereja Katolik. Semoga Sakramen ini menjadi sumber kekuatan dan kebahagiaan bagi kalian berdua, Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus.

Umat : Amin.

Imam : Yang telah dipersatukan Allah.

Umat : Janganlah diceraikan oleh manusia.

BERKAT UNTUK MEMPELAI

Mempelai berlutut, Imam merentangkan tangan atas mempelai, Umat berdiri

Imam : Saudara-saudara terkasih, marilah kita berdoa untuk kedua mempelai ini dan mohon berkat Allah bagi mereka. Semoga Allah mencurahkan rahmatNya dengan murah hati.

(Hening sejenak.)

Allah yang Maha Kasih, Engkau menciptakan segala sesuatu dengan kekuatan kekuasaanMu. Engkau menciptakan manusia menurut citraMu. Engkau menciptakan pria dan wanita supaya mereka dipadukan menjadi satu. Engkau mengajarkan bahwa pernikahan yang telah Engkau teguhkan tidak boleh diceraikan.

Bapa, pandanglah Veronica Wuri Hardini dengan rela agar rahmat, cinta kasih dan damai Mu tinggal di dalam hatinya. Semoga ia menjadi istri yang setia dan ibu yang baik seperti wanita-wanita yang dipuji dalam Kitab Suci.

Kami berdoa pula untuk Yohanes Eko Sudarmaji, semoga ia selalu berusaha menunaikan tanggung jawabnya sebagai kepala rumah tangga, baik terhadap istri dan anak-anak yang akan dipercayakan Tuhan kepadanya, maupun terhadap masyarakat.

Dan kami memohon kepadaMu, ya Tuhan, semoga kedua mempelai ini tetap berpegang pada iman dan perintah-perintahMu, semoga mereka bersatu sebagai suami-istri terpandang karena peri kehidupan yang baik dan berjasa untuk sesama.

Kuatkanlah mereka dengan semangat Injil, sehingga mereka menjadi saksi Kristus bagi semua orang. Semoga mereka subur dan berketurunan, menjadi orang tua yang patut dicontoh dan berbahagia melihat anak cucunya. Semoga mereka dikaruniai umur yang panjang hingga akhirnya memasuki kehidupan bahagia dalam kerajaan surga. Demi Kristus Tuhan dan Pengantara kami.

Umat : Amin.

PEMBERKATAN CINCIN

( Petugas menyerahkan cincin kepada Imam ,Umat duduk, mempelai berdiri, misdinar mengambil air suci )

&- CINCIN KAMI - &

Cincin tanda cinta kasih sejati tlah melingkar di jemari

Cincin tanda cinta kasih sejati tlah mengikat dua hati

Dihadapan altar yang suci ini,cinta kita kan abadi

Badai serta taufan kan menghadang

Namun cinta kita takkan goyah

Tuhan kan memberi jalan serta cahaya-Nya

Mengarungi samudera cinta

Tuhan bimbingkah kami berdua berlayar dalam bahtera

Tuhan bimbinglah kami berdua, hidup seturut sabda-Mu

Badai serta taufan kan menghadang jalan,

Namun cinta kita takkan goyah

Beri kami kasih serta cinta sepanjang jalan hidup kami.

Imam : Allah, sumber kesetiaan, berkatilah kedua cincin ini supaya menjadi lambang kesetiaan bagi Yohanes Eko Sudarmaji dan Veronica Wuri Hardini. ( Imam memberkati & memerciki cincin dengan air suci )

Umat : Amin

Imam menyerahkan cincin kepada Yohanes Eko Sudarmaji

Imam : Yohanes Eko Sudarmaji, kenakanlah cincin ini pada jari manis istrimu sebagai lambang cinta kasih dan kesetiaan yang abadi.

Yohanes Eko Sudarmaji :

Veronica Wuri Hardini, terimalah cincin ini sebagai lambang kesetiaan dan cinta kasihku kepadamu.

Imam menyerahkan cincin kepada Veronica Wuri Hardini

Imam : Veronica Wuri Hardini, kenakanlah cincin ini pada jari manis suamimu

sebagai lambang cinta kasih dan kesetiaan yang abadi.

Veronica Wuri Hardini :

Yohanes Eko Sudarmaji, terimalah cincin ini sebagai lambang kesetiaan dan cinta kasihku kepadamu.

Imam : Semoga ikatan cinta kasih saudara berdua yang telah diresmikan dalam perayaan ini akan menjadi sumber kebahagiaan sejati

PENANDATANGANAN SURAT NIKAH

Kedua mempelai menuju altar untuk menandatangani Naskah Pernikahan, didampingi oleh para saksi.

&- FROM THIS MOMENT -

From this moment life has begun
From this moment you are the one
Right beside you is where I belong
From this moment on

From this moment I have been blessed
I live only for your happiness
And for your love I'd give my last breath
From this moment on

I give my hand to you with all my heart
Can't wait to live my life with you, can't wait to start
You and I will never be apart
My dreams came true because of you

From this moment as long as I live
I will love you, I promise you this
There is nothing I wouldn't give
From this moment on

You're the reason I believe in love
And you're the answer to my prayers from up above
All we need is just the two of us
My dreams came true because of you

From this moment as long as I live
I will love you, I promise you this
From this moment
I will love you as long as I live
From this moment on

PERMOHONAN DOA RESTU ORANG TUA

Imam : Allah bersabda: “ Sebab itu laki-laki dan perempuan akan meninggalkan ayah ibunya dan bersatu dengan suami atau istrinya, sehingga keduanya menjadi satu daging “ oleh karena itu, sebelum kalian berdua meninggalkan orang tua kalian untuk membentuk keluarga baru, saya persilahkan kalian untuk berterima kasih atas cinta kasih yang mereka berikan dan mohon doa restu

( Kedua mempelai berjalan menghampiri orang tua untuk memohon doa restu )

&- You Raise Me Up -

When I am down and, oh my soul, so weary;
When troubles come and my heart burdened be;
Then, I am still and wait here in the silence,
Until you come and sit awhile with me.

You raise me up, so I can stand on mountains;
You raise me up, to walk on stormy seas;
I am strong, when I am on your shoulders;
You raise me up: To more than I can be.

PEMBERKATAN KITAB SUCI, SALIB DAN ROSARIO

( Petugas menyerahkan Salib,Rosario, Kitab Suci dan patung keluarga kudus kepada

Putra Altar yang kemudian dibawa ke hadapan Imam untuk diberkati )

Imam : Ya Tuhan, berkatilah Kitab Suci, Salib dan Rosario ini agar selalu menjadi tanda kehadiranMu serta Bunda Maria di tengah keluarga baru ini dan dapat memberikan dorongan untuk selalu siap memberikan pengorbanan demi kebahagiaan sesama. ( Kitab Suci, Salib, Rosario dan patung keluarga kudus diperciki dengan air suci )

Umat : Amin.

( Romo menyerahkan Kitab Suci,Salib,Rosario dan patung keluarga kudus kepada Orang Tua. Orang Tua menyerahkannya kepada kedua mempelai )

Orang Tua :Terimalah Salib Tuhan dan Kitab Suci ini, sebagai lambang cinta kasih dan penyertaan Allah dan penyertaan kami dalam keluargamu. Bacalah selalu Kitab Suci ini dan pergunakanlah sebagai pegangan hidup kalian. Berdoalah di hadapan Salib Tuhan ini, saat engkau bahagia maupun dalam percobaan yang melanda bahtera keluargamu. Yakinlah dalam setiap doamu, maka Tuhan akan melimpahkan berkatNya. Terimalah pula rosario Bunda Maria, agar kehadiran dan perlindungannya menyejukkan suasana hidup dalam keluargamu. Warisilah harta yang tak ternilai yakni iman KATOLIK, gunakanlah ini semua sebagai bekal dalam mengarungi kehidupan berkeluarga, semoga Damai Tuhan menyejukan suasana keluarga kalian

E & D : Terima kasih. ( dipegang bersama oleh mempelai )

Umat berlutut

DOA UMAT

Imam : Saudara-saudara terkasih, baru saja kedua mempelai ini saling mengikat janji di hadapan Allah dan di hadapan hadirin sekalian. Marilah kita mendoakan mereka agar kebahagiaan dalam hidup pernikahan dan hidup berkeluarga tumbuh dan menjadi sempurna di dalam Tuhan.

Lektor : Semoga kedua mempelai senantiasa menghayati hidup pernikahan dalam cinta kasih dan damai, selalu setia dan saling menolong sampai akhir hidup mereka sehingga rahmat dan kebaikan Kristus bersinar dari rumah tangga mereka.

Kami mohon…..

Umat : Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

Lektor : Semoga cinta kasih mereka diberkati oleh Tuhan dengan karunia yang berlimpah, sehingga anak-anak yang dianugerahkan kepada mereka sungguh-sungguh menggembirakan hati kedua orangtuanya dan menjadi pewaris gerejaMu di dunia ini.

Kami mohon…..

Umat : Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

E & D : Semoga pernikahan ini memberi kebahagiaan bagi orang tua dan kaum kerabat kami sehingga terjalin ikatan persaudaraan yang erat dan saling membantu.

Kami mohon…..

Umat : Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

E & D : Kami ingin mendoakan pula keluarga, saudara dan teman-teman kami yang belum menemukan pasangan hidup. Hiburlah mereka agar dalam masa penantian ini mereka justru menemukan Dikau dan menyadari kehadiranMu. Berilah pasangan hidup yang baik kepada mereka menurut kehendakMu.

Kami mohon…..

Umat : Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

Imam : Demikianlah ya Bapa, doa-doa yang kami panjatkan kepadaMu bagi kedua mempelai ini. Kami percaya Engkau akan mendengarkan dan menerima doa- doa ini. Bimbinglah mereka dalam usaha menciptakan keluarga Katolik yang berbahagia. Demi Kristus, Tuhan dan Pengantara kami.

Umat: Amin.

Liturgi Ekaristi

PERSEMBAHAN

Umat duduk

( Pembawa persembahan maju ke altar )

&- Hati Sbagai Hamba -

Ku tak membawa apapun juga

Saat kudatang ke dunia

Kutinggal semua pada akhirnya

Saat ku kembali ke surga

Reff. Inilah yang kupunya

Hati sbagai hamba

Yang mau taat dan setia pada-Mu Bapa

Kemanapun ku bawa hati yang menyembah

Dalam roh dan kebenaran sampai slamanya.

DOA PERSEMBAHAN

Imam : Berdoalah saudara-saudara, supaya persembahan ini diterima oleh Allah,

Bapa yang Maha Kuasa.

Umat : Semoga persembahan ini diterima demi kemuliaan Tuhan dan keselamatan kita, serta seluruh umat Allah yang kudus.

Imam : Bapa yang kudus, PuteraMu telah mengorbankan diri bagi keselamatan kami. Itulah lukisan cinta yang terbesar. Cinta yang berkorban, menjadi daya dan dasar hidup kristiani. Buatlah agar cinta sejati itu juga meresapi kehidupan pernikahan baru ini. Demi Kristus, Tuhan dan Pengantara kami.

Umat : Amin

PREFASI

Umat berdiri

Imam : Tuhan beserta kita.

Umat : Sekarang dan selama-lamanya.

Imam : Marilah mengarahkan hati kepada Tuhan.

Umat : Sudah kami arahkan.

Imam : Marilah bersyukur kepada Tuhan, Allah kita.

Umat : Sudah layak dan sepantasnya.

Imam : Sungguh layak dan pantas, ya Tuhan, Bapa yang kudus, Allah yang kekal dan kuasa, bahwa di manapun juga kami senantiasa bersyukur kepadaMu. Sebab Engkau berkenan menciptakan manusia dan menganugerahinya martabat yang luhur. Persatuan mesra antara suami dan istri mencerminkan cinta kasihMu sendiri. Engkau menciptakan manusia karena cinta. Engkau memanggilnya untuk mengamalkan cinta. Engkau mengundangnya untuk menikmati cintaMu yang kekal. Maka, misteri pernikahan suci menandakan cinta Ilahi dan mengkuduskan cinta insani. Kini bersama para malaikat dan orang-orang kudus kami bermadah memuliakan Dikau dengan tiada henti bernyanyi:

&- Sanctus

(W.A. Mozart KV 220)

Sanctus, Sanctus, Sanctus dominus,

Dominus Deus Sabaoth

Pleni sunt caeli et terra

Pleni sunt gloria tua

Hosanna in excelcis, hosanna in excelcis, in excelcis

Hosanna, hosanna, hosanna, hosanna

In excelcis, Hosana in excelsis

DOA SYUKUR AGUNG

Umat berlutut

BAPA KAMI

Umat berdiri

Imam : Atas petunjuk Penyelamat kita dan menurut ajaran Ilahi, maka beranilah kita berdoa sambil bernyanyi :

&- Bapa Kami - (Konvenas )

Bapa kami yang di surga, dimuliakanlah namaMu

Datanglah kerajaanMu, jadilah kehendak-Mu

Diatas bumi seperti di dalam surga

Berilah kami rejeki pada hari ini, dan ampunilah kesalahan kami

Seperti kamipun mengampuni yang bersalah kepada kami

Dan janganlah masukan kami, kedalam pencobaan

Tetapi bebaskanlah kami dari yang jahat. AMIN

DOA DAMAI

Imam : Saudara-saudara, Kristuslah pangkal damai dan keselamatan kita. Oleh karena itu, marilah kita mohon damai kepadaNya.

Umat : Tuhan Yesus Kristus, janganlah memperhitungkan dosa kami, tetapi perhatikanlah iman GerejaMu, dan restuilah kami supaya hidup bersatu dengan rukun sesuai kehendakMu, sebab Engkaulah pengantara kami, kini dan sepanjang masa. Amin.

Imam : Semoga damai Tuhan kita Yesus Kristus beserta kita.

Umat : Sekarang dan selama-lamanya.

Imam : Marilah kita saling menyampaikan Damai Kristus satu kepada

yang lain.

&- Kubawa Damai BagiMu -

Hevenu shalom aleichem (3x)
Hevenu shalom, shalom, shalom aleichem
Kubawa damai bagimu (3x)
Kubawa damai, damai, damai bagimu

ANAK DOMBA ALLAH

Umat berlutut

Imam : Anak Domba Allah yang menghapus dosa dunia

Umat : Kasihanilah kami

Imam : Anak Domba Allah yang menghapus dosa dunia

Umat : Kasihanilah kami

Imam : Anak Domba Allah yang menghapus dosa dunia

Umat : Berilah kami damai

Imam : Inilah Anak Domba Allah yang menghapus dosa dunia. Berbahagialah kita

yang diundang ke perjamuanNya.

Umat : Ya Tuhan, saya tidak pantas Tuhan datang pada saya, tetapi]

bersabdalah saja, maka saya akan sembuh.

Imam : Semoga Tubuh dan Darah Kristus mengantar kita kepada kehidupan yang

kekal.

Umat : Amin.

KOMUNI

( Kedua mempelai menyambut komuni dalam dua rupa, kemudian para saksi dan

orang tua mempelai, diikuti oleh keluarga dan umat yang berarak menuju ke tempat

penerimaan komuni )

&- The Prayer -

I pray you'll be our eyes, and watch us where we go.

And help us to be wise in times when we don't know

Let this be our prayer, when we lose our way

Lead us to the place, guide us with your grace

To a place where we'll be safe

La luce che tu hai

I pray we'll find your light

nel cuore restera

and hold it in our hearts.

a ricordarci che

When stars go out each night,

eterna stella sei

Nella mia preghiera

Let this be our prayer

quanta fede c'e

when shadows fill our day

Lead us to a place, guide us with your grace

Give us faith so we'll be safe

Sognamo un mondo senza piu violenza

un mondo di giustizia e di speranza

Ognuno dia la mano al suo vicino

Simbolo di pace, di fraternita

La forza che ci da

We ask that life be kind

e il desiderio che

and watch us from above

ognuno trovi amor

We hope each soul will find

intorno e dentro se

another soul to love

Let this be our prayer

Let this be our prayer, just like every child, just like every child

Need to find a place, guide us with your grace

Give us faith so we'll be safe

E la fede che

hai acceso in noi,

sento che ci salvera

DOA SESUDAH KOMUNI

Umat berlutut

Imam : Marilah berdoa.

Bapa yang Maha Kasih, kami mengucap syukur kepadaMu karena kami telah Engkau perkenankan ikut serta dalam perjamuan suci ini dan lebih teristimewa terimalah ucapan syukur Yohanes Eko Sudarmaji dan Veronica Wuri Hardini yang telah Engkau persatukan dalam ikatan pernikahan.

Kiranya kasih yang telah Engkau karuniakan, menjadi sumber kekuatan dan inspirasi bagi mereka berdua untuk menempuh kehidupan di dalam bahtera rumah tangga mereka.

Tuntunlah mereka dengan terang dalam kebijaksanaanMu selalu, karena Kristus Tuhan dan Pengantara kami, yang hidup dan berkuasa, kini dan sepanjang masa.

Umat : Amin

Ucapan Terima Kasih

Dengan penuh rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, terima kasih yang tulus kami haturkan kepada:

Pastor

Rm. Dominicus Donny Widyarso,Pr

Saksi-saksi:

Bpk. Yohanes Suharso,Bpk. Darudji

Para Petugas Liturgi :

Paduan Suara Kelompok 8, Lektor, Prodiakon, Putera Altar,Tim Paramenta,Koster

Pengurus Lingkungan St. Paulus Dr Salib Karanganyar Legok Semarang

Semua pihak yang telah membantu terselenggaranya Perayaan Ekaristi dan Sakramen Pernikahan ini.

Segenap kerabat,sahabat dan handai taulan yang berkenan menghadiri dan memberikan doa restu dalam Perayaan Ekaristi dan Sakramen Pernikahan ini

Semoga doa restu Bapal/Ibu/Saudara/i sekalian dapat membimbing kami mengarungi mahligai hidup berkeluarga dan senantiasa teguh dalam kasih Tuhan

Kami Yang Berbahagia,

Dini & Eko

Kel. Yohanes Bosko Suyono – Kel. Matheus Darno

1 1

Ritus Penutup

Umat berlutut

BERKAT MERIAH

Imam : Saudara-saudara, marilah kita mengakhiri perayaan ini dengan memohon berkat Tuhan. Semoga Allah, Bapa Yang Maha Kuasa memelihara Yohanes Eko Sudarmaji dan Veronica Wuri Hardini dalam cinta kasih dan kerukunan, supaya damai Kristus senantiasa tinggal dalam hati dan rumah mereka.

Umat : Amin.

Imam : Semoga mereka diberkati dengan anugerah keturunan, dihibur oleh para sahabat, dan diper-kenankan bersaudara dengan semua orang

Umat : Amin.

Imam : Semoga mereka menaruh perhatian kepada kaum papa dan miskin supaya mereka sendiri kelak menerima belas kasihan Allah dan menerima karuniaNya yang kekal.

Umat : Amin.

Imam : Dan semoga mereka dan saudara sekalian, diberkati dan dilindungi oleh Allah Yang Maha Kuasa, Bapa dan Putera dan Roh Kudus.

Umat : Amin.

PENGUTUSAN

Imam : Saudara-saudara terkasih, dengan ini perayaan pernikahan Yohanes

Eko Sudarmaji dan Veronica Wuri Hardini sudah selesai.

Umat : Syukur kepada Allah.

Imam : Marilah kita pulang dalam damai Tuhan untuk mewartakan cinta

kasih pada semua orang.

Umat : Amin.

PERARAKAN KELUAR Umat berdiri

( Seluruh umat memberi hormat pada altar, dan para pelayan sabda

meninggalkan ruang altar )

PENGHORMATAN KEPADA BUNDA MARIA

Umat duduk

· Kedua mempelai, didahului oleh Imam dan putra altar, menuju altar Bunda Maria.

· Mempelai wanita menyerahkan bunga dan mempelai pria menyalakan lilin, lalu berdoa di hadapan Bunda Maria

&- Ave Maria -

(Franz Schubert)

Ave Maria, gratia plena.

Maria, gratia plena. Maria, gratia plena.
Ave, ave Dominus. Dominus tecum.
Benedicta tu in mulieribus.
Et benedictus. Et benedictus fructus ventris.
Ventris tui, Jesus. Ave Maria.

Ave Maria. Mater Dei.
Ora pro nobis peccatoribus. Ora pro nobis.

Ora, ora pro nobis peccatoribus.

Nunc et in hora mortis. Et in hora mortis nostrae.

Et in hora mortis nostrae. Et in hora mortis nostrae.

Ave Maria.

DOA KEDUA MEMPELAI KEPADA BUNDA MARIA

Yohanes Eko Sudarmaji :

Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda kami yang tercinta, hari ini kami sungguh merasa bahagia. Kami telah berjanji setia satu sama lain dan kami berdua mau menempuh perjalanan hidup selanjutnya bersama-sama sebagai suami istri. Pada saat yang menentukan ini, kami memohon doa restuMu, ya Bunda.

Veronica Wuri Hardini :

Santa Maria, doakanlah kami, agar cinta kami tahan uji dalam segala suka dan duka hidup pernikahan. Semoga kami berdua dapat mendi-rikan rumah tangga yang sejahtera dan mem-bangun keluarga Katolik yang bahagia. Ya Bunda yang baik hati, doakanlah kami dalam nama PuteraMu, Tuhan kami Yesus Kristus.

E & D : Bunda, kami mohon doamu untuk orang tua kami yang telah mengasuh, mengasihi dan memberi pelajaran kehidupan kepada kami, sejak kami dalam kandungan. Lindungilah dan berkatilah mereka selalu. Kami berdoa pula bagi Pastor Donny, putera altar, para saksi, handai taulan dan seluruh saudara kami yang telah mengikuti perayaan Ekaristi ini dan mendoakan kami. Amin.

DOA SALAM MARIA

E & D :

Salam Maria ( 3 x )

Salam Maria, penuh rahmat, Tuhan sertaMu,

terpujilah Engkau di antara wanita

dan terpujilah buah tubuhMu, Yesus.

Santa Maria, Bunda Allah,

doakanlah kami yang berdosa ini

sekarang dan waktu kami mati.

Amin.

Kedua mempelai kembali ke depan altar

Umat duduk

"I will remember always that marriage,

like life, is a journey –

not a destination –

and that its treasures are found not just at the end but all along the way."

From This Moment Life Has Begun ………

Veronica Wuri Hardini, S.AP

( D i n i )

&

Yohanes Eko Sudarmaji, ST

( E k o )

31 JANUARI 2010

Kel. Yohanes Bosko Suyono – Kel. Matheus Darno

15 komentar:

Fraine mengatakan...

Dear Wuri & Yohanes,

Thank you yah uda taro buku misa di blognya, membantu sekali loo...
GBU always :D

The one who used ur book,
Fraine :D

WURI HARDINI VERONICA mengatakan...

okey,....sama-sama GBU too, semoga berguna saja, ini juga pengalaman yang indah buatku....saat dulu menyiapkan pernikahanku,tapi tiap gereja gak sama sih....masih perlu juga dilihatkan ke pastor biar ada revisi....kondisional gitu deh....

Mister Go Blog mengatakan...

Dear Wuri & Yohanes

Thank u for sharing the wedding book.. It is so inspiring and helps us so much!

If u don't mind, I'm making some adjustment and re-arrangement.

Bunch Thanks

Eagen & Vani

anggaeris mengatakan...

wah, trima kasih byk sharing buku panduanny. kebetulan kk saya bulan november mw nikah n saya disuruh urus buku misany.
GBU.

Galih mengatakan...

Mba Dini, semua posting blognya membantu sekali..
Kalau boleh tau dulu pakai acara midodareni ga waktu mau nikah..kl iya bisa kasih info midodareni secara katolik atau ibadatnya..
thank you..

christiant mengatakan...

mantap om,,,,,,,, ini sangat membantu saya

Unknown mengatakan...

makasih yaa atas buku nikahnya..

Anonim mengatakan...

waa.. makasih atas postingannya... membantu sekali... aku pusing banget ni skarang, udah mepet.. tapi masih pusing soal gereja dll.. haha... oo.. jadi setelah bikin buku nya perlu ditunjukin ke pastor lagi ya.. hmm.. :D

thank you yah.. Gbu.. :D

Agust DZ mengatakan...

Dear Wuri & Yohanes,

Thanks ya udah mao share liturgi Misa Sakramen Pernikahannya,
Minta ijin untuk copy-paste buat pernikahanku akhir tahun ini. GBU :)

Yohanes mengatakan...

minta ijin buat aku copy ya..
blognya bagus.... like this

WURI HARDINI VERONICA mengatakan...

Yappp, silakan buat yang ingin copy, semoga bermanfaat yah buat semua :)

Unknown mengatakan...

Mohon izin copy ya mas and mba... trimaksh byak seblmnya ... Gbu...

ernita mengatakan...

postingannya bagus dan sangat membantu..
ijin kopy ya mbak..

Unknown mengatakan...

Kami non katolik sering bertanya dlm hati pd sakramen dan pemberkatan (ritual)perkawinan katolik maupun kristen lainnya. Apakah ritual perkawinan katolik+kristen merupakan ajaran asli dr Tuhan Yesus atau langsung dr Allah Thn Bpk. Ritual perkawinan antara katolik dan protestan berbeda. Jika dr Yesus kenapa berbeda,jika dr Allah Thn Bpk juga berbeda,krn Yesus dan paulus bujangan berarti ritual perkawinan tsb bukan utk keduanya. Jika bikinan manusia disebut apakah produk perkawinan (anak) dr segi teologi. Agama yg bikin ritual perkawinan bukan dr tuhan/thian/dewa spt agama lain. Jadi jeruk minum jeruk

Unknown mengatakan...

Mohon ijin Copy ya mas & mba... Blog nya bagus & details. Untuk Persiapan Pernikahan adik sepupu saya. JBU

 
Copyright © WURI HARDINI VERONICA. Design By New Blogger Templates
Support IE 7, On Sales, Best Design